Cari Blog Ini

Laman

Rabu, 25 Mei 2011

Mekanisme Sekresi Insulin


  • Insulin dihasilkan oleh sel β pankreas. Di dalam sel tersebut mengandung sejumlah besar pengangkut glukosa yang disebut GLUT-2.
  • GLUT-2 akan mengambil glukosa yang beredar di dalam darah masuk ke dalam sel. Glukosa ini selanjutnya akan mengalami fosforilasi yang akan diubah oleh enzim glukokinase menjadi glukosa-d-fosfat, lalu dioksidase menjadi ATP.
  • ATP ini akan membuka kanal K (ATP dependent Potassium Channel ), mengakibatkan permeabelitas  terhadap Kalium menurun sehingga ion positif di dalam sel bertambah. Perubahan keadaan yang menjadi elektropositif ini menimbulkan depolarisasi yang menyebabkan tertutupnya kanal Ca.
  • Selanjutnya Ca akan masuk ke dalam sel dan berikatan dengan Calmodulin (Ca binding protein). Ikatan tersebut menstimulasi perlekatan vesikel-vesikel yang berisi insulin ke membran sel, dan akhirnya terjadi eksositasi insulin ke darah. Insulin yang sudah dilepaskan ini nantinya akan melaksanakan tugasnya untuk transport glukosa ke berbagai jaringan yang membutuhkan dan menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Referensi:
  1. Fisiologi Guyton

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar